GAMBANGAN PUNYA PATTOLAH

Gambangan Punya Pattolah

Kerupuk Pattolah merupakan salah satu hasil produksi yang dimiliki oleh warga Gambangan yaitu Bapak Tari P halik. Beliau telah memproduksi kerupuk Pattolah sekitar 20 tahun terakhir , dan saat ini di teruskan oleh anaknya yang bernama Bapak Wafi. Keluarga Bapak Halik ini memproduksi kerupuk Pattolah sejak dulu di halaman belakang rumahnya. Di Desa Gambangan sendiri telah ada 2 warga yang memproduksi kerupuk Pattolah, namun yang sudah melakukan pemasaran cukup luas adalah milik Bapak Halik ini.

Bahan dari kerupuk Pattolah ini adalah tapioka, tepung beras, garam,bawang putih, penyedap rasa dan pewarna makan. Bahan – bahan tersebut sudah di percaya sesuai dengan cara produksi makanan yang aman.

Kami mahasiswa KKN Universitas Jember kelompok 80 berinisiatif untuk mengembangkan pemasaran  kerupuk pattolah yang ada di desa gambangan ini. Kami membantu dari labeling, packing produk, mengurus nomor PIRT dan mempromosikan kerupuk pattolah ke social media.

Tahap pertama yang kami lakukan adalah  survey ke tempat pengelolaan kerupuk pattolah yang ada dirumah bapak halik sendiri yaitu pada tanggal 16 juli 2018. Kegiatan selanjutnya tanggal 25 juli 2018 di lakukan sosialisasi labeling dan pemaparan mengenai PIRT serta mengumpulkan berkas-berkas untuk mengajukan PIRT itu sendiri. Setelah label jadi kita melakukan pengemasan kerupuk patollah untuk di promosikan di social media, kegiatan ini dilakukan pada minggu ke 4 bulan Juli tepatnya pada tanggal 31 juli 2018.

keesokan harinya tanggal 1 agustus 2018 sebagian dari kita ada yang melanjutkan pengemasan kerupuk patollah dan ada yang ke Dinas Kesehatan untuk mengurus PIRT. Dari pihak Dinas Kesehatan akan menghubungi bapak halik apabila nomor PIRT sudah jadi.

Kami mengharapkan  dengan apa yang kita lakukan ini dapat membantu penjualan  kerupuk pattolah yang ada di desa Gambangan ini sehingga menjadi suatu potensi desa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *