Posyandu Gambangan Penuh dengan Kebahagiaan

Pemerintah Desa Gambangan merupakan salah satu pemerintah desa yang rutin mengadakan kegiatan Posyandu. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh dari dan bersama masyarakat. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat desa Gambangan peduli terhadap perkembangan dan pertumbuhan bayi dan balita, selain itu pemerintah desa juga mendapat kemudahan informasi terkait pendataan anak dan kesehatan ibu hamil.

Kegiatan Posyandu minimal dilakukan setiap satu sebulan sekali, akan tetapi jika ingin lebih tidak apa-apa. Kegiatan posyandu kali ini bertempat di dusun krajan 2 yang merupakan gabungan dari posyandu di 2 dusun yakni dusun krajan 2 dan dusun krajan 3, tepatnya pada tanggal 11 juli. Mahasiswa KKN Universitas Jember tahun 2018 turut andil untuk membantu kader posyandu, mulai dari mencatat berat badan, menimbang bayi, sekaligus menenangkan balita yang menangis.

Upaya Kegiatan posyandu yang dilakukan oleh desa Gambangan bertujuan untuk terus memantau Perkembangan bayi, balita dan ibu hamil. Hal ini perlu dilakukan mengingat mereka merupakan hal penting yang seharusnya terus dipantau. Hal ini berkaitan dengan masa depan desa, dimana setiap anak merupakan pemimpin di masa depan. Manfaat yang bisa didapakan antara lain.

  1. Pertumbuhan anak balita bisa terpantau
  2. Bayi dan anak mendapatkan kapsul vitamin A
  3. Bayi mendapat imunisasi lengkap
  4. Ibu hamil terpantau sehingga diberikan saran dan obat tambahan.
  5. Mendapatkan penyuluhan tambahan terkait kesehatan ibu hamil.

Diharapkan kedepannya warga desa Gambangan selalu turut aktif dalam menghadiri kegiatan posyandu agar perkembangan si kecil dapat terpantau.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *