POTENSI PERTANIAN DESA GAMBANGAN

Potensi Pertanian Desa Gambangan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso

            Desa Gambangan memiliki sumber daya yang beragam. Sumber daya alam khususnya di bidang pertanian di Desa Gambangan Kecamatan Maesan sangat potensial untuk dikembangkan. Komoditas yang ditanam di Desa Gambangan yaitu padi, tembakau, jagung dan kedelai. Tanaman yang sangat menonjol di Desa Gambangan yakni pada tanaman padi, namun saat musim kemarau biasanya petani di Desa Gambangan lebih memilih untuk menanam jagung karena budidaya jagung tidak memerlukan jumlah air yang melimpah.

Luas areal pertanian di Desa Gambangan Kecamatan Maesan sebagian besar diusahakan oleh buruh tani harian, walaupun ada beberapa lahan yang diusahakan oleh petani pemilik lahan. Luas areal pertanian di Desa Gambangan terbagi atas beberapa blok. Lahan areal pertanian di Desa Gambangan sebagian besar digunakan untuk usahatani tanaman pangan khususnya tanaman padi dan jagung.

            Pengelolaan sumberdaya pertanian di Desa Gambangan tidak lepas dari penerapan teknologi yang digunakan oleh petani yang ada di sana. Penggunaan teknologi ini sebagai sarana dan fasilitas bagi petani dalam mengelola usahataninya. Teknologi pertanian yang digunakan oleh petani di Desa Gambangan  sudah cukup baik dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada, baik alat dan mesin pertanian yang digunakan maupun teknik budidaya yang diterapkan. Adanya teknologi ini juga tidak lepas dari peran pemerintah melalui pemberian bantuan berupa alat dan mendatangkan penyuluh bagi petani di Desa Gambangan. Bantuan tersebut sudah terealisasikan dengan baik berkat kerjasama antara pemerintah dengan penyuluh sebagai perantara dalam pengenalan teknologi baru tersebut. Bantuan yang diberikan dari pemerintah bagi petani melalui kelompok tani. Terdapat 16 kelompok tani yang berada di Desa Gambangan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *