EKONOMI

Kondisi perekonomian masyarakat Desa Gambangan tergolong perekonomian yang mampu membawa masyarakatnya menuju masyarakat yang sejahtera. Ukuran tingkat kesejahteraan masyarakat dapat di lihat dari kehidupan sehari-hari dan juga mata pencaharian masyarakat Desa Gambangan.

Masyarakat Desa Gambangan mayoritas bekerja di bidang pertanian, hal ini karena banyaknya lahan persawahan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Gambangan. Masyarakatnyapun antusias untuk bekerja mencukupi kebutuhan hidup mereka, terutama untuk pemuda Desa Gambangan yang mayoritas putus pendidikan sekolah tingkat SMA. Para pemuda tidak malu untuk melakukan pekerjaan di bidang pertanian.

Tidak hanya bidang pertanian namun masyarakat juga kebanyakan menekuni bidang wiraswasta, perdagangan, guru, PNS, home industry dan juga kuli bangunan. Masyarakat tidak hanya menekuni satu bidang pekerjaan namun bisa lebih dari satu, karena masyarakat memiliki pemikiran jika hanya menekuni satu bidang pekerjaan tidak akan mampu untuk membiayai kehidupannya.