Pengaplikasian pupuk TSM (Tirta Sari Mina) oleh anak KKN UNEJ kepada petani

P_20170717_085315_1_p[1]

Pupuk TSM (Tirta Sari Mina) merupakan pupuk dari ikan yang diproduksi oleh UNEJ sendiri. Pupuk ini juga dapat membantu anak kkn untuk mengaplikasikan pupuk TSM kepada petani khususnya tanaman sayur, tembakau, jagung, padi, cabai, buah, kacang tanah dan lain-lain. KKN mengaplikasikan pupuk ini secara langsung ke petani dengan takaran yang sudah tertera pada botol pupuk TSM.

Kelompok KKN UNEJ khususnya di Desa Gambangan ini mengaplikasikan kepada sawah milik mas Kasful yang mana sawah tersebut merupakan tanaman jagung dengan cabai. Beliau sangat setuju dengan pengaplikasian pupuk TSM tersebut sehingga kita juga melakukan pengaplikasian dengan lancar. Selain sawah milik mas Kasful, kita juga melakukan pemupukan pada sawah milik P. Didik, P. H. Hasan dan P. H. Lukman tetapi sawah milik beliau beda jenis tanaman dari mas Kasful. Tanaman milik beliau semua merupakan tanaman tembakau yang mana saat ini banyak di tanam oleh warga di Desa Gambangan karena merupakan musimnya.

IMG-20170718-WA0015

Pengaplikasian pupuk yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNEJ dilakukan hanya 3 kali penyemprotan. Penyemprotan dilakukan dengan selang seminggu setiap kali penyemprotan. Pupuk TSM ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan yang dimiliki yakni untuk meningkatkan produktivitas dan juga mempercepat pertumbuhan, sedangkan kekurangannya yakni bau dari pupuk yang sangat menyengat, hal ini karena pupuk TSM berasal dari ikan sehingga menyebabkan bau amis yang menyengat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *