KESEHATAN

Pemerintahan Desa Gambangan sangat memperhatikan warganya terutama dari segi kesehatan. Perangkat-perangkat desa bekerjasama dengan perangkat Kecamatan Maesan baik dari segi penyampaian penyakit berbahaya maupun penanganan langsungnya. Desa Gambangan khususnya merupakan desa yang cukup aktif dalam kegiatan bidang kesehatan, seperti posyandu, penyuluhan kesehatan (campak dan rubella) dan pemeriksaan rutinan.

Baru-baru ini sudah diselenggarakan penyuluhan tentang campak dan rubella di Dusun Krajan 3, yang bekerjasama dengan mahasiswa KKN Universitas Jember tahun 2017. Bidan desa yang aktif dalam kegiatan posyandu meminta kepada mahasiswa UNEJ utuk ikut andil dalam posyandu dan juga penyuluhan kesehan.

Selain itu, pernah ada masyarakat yang menderita penyakit kusta sehingga menuntut para pegawai kesehatan untuk lebih memperhatikan masyarakat Desa Gambangan. Penyakit kusta yang baru tampak setelah 5 tahunan membuat para pegawai kesehatan melakukan kontrolan rutin di Desa Gambangan, dengan tujuan supaya Desa Gambangan terhindar dari penyakit menular yang dapat merugikan warganya.